RSS

Organ Tumbuhan >> Akar Radix

22 Apr

ORGAN TUMBUHAN :

 AKAR (RADIX)

Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang secara bersama-sama melakukan tugas tertentu. Organ tumbuhan ada lima yaitu akar, batang, daun, bunga, buah. Yang pertama kita bahas adalah akar alias radix. Akar adalah bagian utama dari tumbuhan berkarmus atau sudah memiliki pembuluh. Akar berkembang dari meristem apikal di ujung akar yang dilindungi kaliptra (tudung akar). Tudung akar berasal dari meristem apikal dan terdiri dari sel-sel parenkim. Tudung akar berfungsi sebagai pelindung.

Meristem apikal selalu membelah diri menghasilkan sel-sel baru. sel-sel baru terbentuk pada bagian tudung akar atau bagian dalam meristem apikal. Pembelahan meristem apikal membentuk daerah pemanjangan atau Zona perpanjangan sel. Di belakangnya terdapat Zona differensiasi sel dan zona pendewasaan sel. Pada zona differensiasi sel, sel-sel akar berkembangmenjaadi beberapa sel permanen, misalnya beberapa sel terdifferensiasi menjadi xilem, floem, parenkim, dan sklerenkim.

FUNGSI AKAR :

a. untuk melekatkan tumbuhan pada media (tanah) karena akar memiliki kemampuan untuk menerobos lapisan tanah.
b. Menyerap garam, mineral, dan air, melalui bulu2 akar, air masuk ke dalam tubuh tumbuhan
c. Pada beberapa tanaman, akar digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, contohnya pada ubi, kentang, wortel, dan lain2
d. Pada tanaman tertentu, seperti bakau berperan untuk pernafasan.
SIFAT AKAR:

1. merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), meninggalkan udara dan cahaya.
2. tidak berbuku-buku, jadi juga tidak beruas dan tidak mendukung daun-daun atau sisik-sisik maupun bagian-bagian lainya.
3. warna tidak hijau, biasanya keputih-putihan atau kekuning-kuningan.
4. tumbuh terus pada ujungnya, tetapi umumnya pertumbuhannya masih kalah pesat jika dibandingkan dengan bagian permukaan tanah.
5. bentuk ujungnya seringkali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah.

STRUKTUR AKAR

Akar memiliki struktur luar yang meliputi : tudung akar, batang akar, cabang akar (pada dikotil), dan bulu akar. Secara anatomi akar terdiri dari empat bagian, epidermis, korteks, endodermis, dan stele. Di luar itu ada lapisan piliferous yaitu epidermis yang berada pada daerah bulu akar.

Kita pelajari struktur anatomi akar satu per satu

* EPIDERMIS terdiri dari 1 lapis sel yang tersusun rapat, dindng sel tipis sehingga mudah ditembus air. Memiliki rambut-ranbut akar yang merupakan hasil aktifitas sel dari belakang ttik tumbuh. rambut2 akar ini berfungsi memperluas bdang penyerapan.

* KORTEKS terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapis-lapis, dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antarsel untuk pertukaran gas. jaringan-jaringan yang terdapat pada korteks antara lain : parenkim, kolenkim, dan sklerenkim.

* ENDODERMIS terletak di sebelah dalam korteks. endodermis berupa 1 lapis sel yang tersususn rapat tanpa ruang antar sel. dinding selnya mengalami penebalan gabus. deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan pita kaspari. penebalan gabus ini tidak dapat ditembus air sehingga air harus masuk ke silinder pusat mellui sel endodermis yang dindingnya tidak menebal, disebut sel penerus air. Endodermis merupakan pemisah yang jelas antara korteks dan stele.

* STELE (SILINDER PUSAT) terletak di sebelah dalam endodermis. Di antara stele terdapat berkas pengangkutan (floem dan xilem)

MACAM-MACAM SISTEM PERAKARAN

Ada tiga macam sistem perakaran, yakni:

* SISTEM PERAKARAN TUNGGANG (RADIX PRIMARIA)
Sistem Perakaran ini terdapat pada tumbuhan dikotil. Akar ini terdiri atas sebuah akar besar dengan beberapa cabang dan ranting akar, merupakan perkembangan dari akar primer dari biji berkecambah.

* SISTEM PERAKARAN SERABUT (RADIX ADVENTICIA)
Sistem perakaran ini dimiliki oleh tumbuhan monokotil. Akar ini terdiri dari sejumlah akar kecil, ramping, dan berukuran sama. perakaran serabut trbentuk pada waktu akar primer mmebentuk cabang sebanyak-banyaknya.

* SISTEM PERAKARAN ADVENTIF
Sistem perakaran ini adalah sistem perakaran yang bukan berasal dari akar primer. Contohnya akar dari batang cangkokan, akar dari umbi batang, dan akar dari stek, bahkan ada akar yang dari daun

 

Jelas disini apa yang dimaksud dengan akar, sebuah organ utama pada tumbuhan yang berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan juga air dari tanah, menegakkan tumbuhan itu sendiri, dan juga bermetamorfosis menjadi sebuah alat ayng memiliki beraneka-ragam fungsi, contohnya sebagai alat penempel ataupun alat respirasi.
Perkembangan akar pada tumbuhan berbiji dimulai dari lembaga, pada radicula, membentuk radix primarius (akar primer).

Ada dua macam sistem perakaran pada tanaman Spermatophyta, yakni sistem akar serabut dan sistem akar tunggang.

Anatomi akar dapat dijelaskan dengan gambar berikut:

Dapat kita lihat, gambar di atas adalah contoh akar tunggang. Mulai dari atas terdapat leher akar, batas antara akar utama dengan batang. Kemudian terlihat jelas akar utama. Yang membentuk percabangan ke samping, disebut cabang akar atau radix lateralis. Dari cabang akar membentuk percabangan bertingkat, disebut serabut akar atau Fibrilla radicalis. Di seluruh bagian akar terdapat bulu akar atau pilus radicalis. dan di setiap ujung akar terdapat caliptra yang berfungsi untuk memudahkan akar dalam menembus tanah.

Terdapat tiga macam jenis akar tunggang:
1) Akar tombak (fusiform) >> besar di pangkal, runcing di ujung
2) Akar gasing (napiform) >> akar utama pangkal membulat
3) Akar benang (filiform) >> akar utama kecil panjang

Sedangkan pada sistem akar serabut, akar utama / akar primer tereduksi sehingga akar tumbuh pada buku-buku batang. Terdapat tiga macam juga:
1) Akar serabut kecil >> Oryza sativa
2) Akar serabut sedang >> Cocos nucifera
3) Akar serabut besar >> Pandanus tectorius

Selain sistem perakaran, hal penting lain dari akar adalah bahwa akar mengalami metamorfosis, sehingga berpengaruh pada fungsi akar tersebut yang otomatis berubah, dan hal ini disebabkan karena adaptasi spesies tertentu terhadap lingkungannya.

1) Akar papan (butreess)
>> Beralih fungsi untuk menegakkan berdirinya tajuk tumbuhan. Umumnya terdapat pada tumbuhan hujan tropis. Contohnya Canarium comunne.

2) Akar tunjang (stilt)
>> Hidup pada daerah berlumpur, membantu menegakkan tumbuhan itu sendiri. Contohnya Pandanus tectorius.

3) Akar pelekat (radic adligans)
>> Digunakan tumbuhan untuk merambat. Contohnya Piper betle (sirih).

4) Akar udara (radix aureus)
>> Umumnya pada tumbuhan epifit, digunakan untuk bernafas dan menyimpan air. Contohnya pada kelas anggrek (Orchidaceae) dan pada Ficus benjamina (Beringin).

5) Akar Pengisap (haustoria)
>> Pada tumbuhan parasit, digunakan untuk menempel dan menghisap unsur-unsur penting dari tumbuhan yang ditempelinya itu. Contohnya Dendrophthoe pentandra, atau yang lebih kita kenal dengan benalu.

6) Akar Nafas (pneumatophora)
>> Dimiliki oleh tumbuhan pada habitat lumpur, membantu pernafasan. Contohya pada tumbuhan bakau. Saya ambil contoh Sonneratia alba.

7) Akar lutut (knee)
>> Mirip dengan akar nafas, ditemukan pada tumbuhan dengan habitat lumpur. Contohnya Bruguiera gymnorhiza (Pohon tancang).

8) Akar Pembelit (cirrhus radicalis)
>> Dimiliki oleh tumbuhan untuk memanjat. Contohnya Vanilla planifolia.

9) Umbi akar (Tuber rhizogenum )
>> Digunakan tumbuhan tersebut sebagai tempat penyimpan makanan. Contohnya Manihot utilisima. Ini kita kenal dengan ubi kayu, dan merupakan salah satu bahan dasar yang dibawa saat ospek kemarin, haha.

10) Duri akar (spina rhizogenum)
>> Contohnya Dioscorea aculeata. Masih belum tahu fungsinya.

Demikian tadi sekilas tentang jenis akar, metamorfosis akar, beserta contoh-contohnya. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pemilik alamat gambar yang saya sertakan dibawah masing-masing gambar diatas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dalam pembelajaran.

Sumber : Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, karangan Dr. L. Hartanto Nugroho, M. Agr. dkk.

 

 
Leave a comment

Posted by on April 22, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: